3 Cara Mudah Tingkatkan Perfoma Yamaha Scorpio Agar Lebih Nonjok

      Comments Off on 3 Cara Mudah Tingkatkan Perfoma Yamaha Scorpio Agar Lebih Nonjok

Yamaha Scorpio tergolong sukses dan memiliki nama besar di Indonesia. Dengan desain gagah dan laki banget, motor sport milik Yamaha ini memiliki tempat khusus di hati para pecintanya.

Terbukti, kendati sudah 10 tahun mengaspal di jalanan Indonesia, pemiliknya masih saja ada. Bahkan, tetap stabil dan tidak berubah.

Ya, sebagai salahsatu motor legenda, Yamaha Scorpio memang cukup eksis hingga sekarang. Hal itu tidak terlepas dari kapasitas mesindan bentuk body yang aduhai.

Seperti diketahui, kapasitas mesin Yamaha Scorpio sendiri adalah 225cc, kapasitas mesin yang cukup nanggung. Bahkan tidak memiliki pesaing hingga sekarang. Soal performa mesin, tak usah diragukan. Dengan mesin yang mendikati 250cc, Scorpio tentu terbilang bandel, bahkan jauh lebih bandel dari sang adik, Yamaha Vixon.

Namun tetap saja, sebagai salah satu motor tua—karena mengingat sudah 10 tahun lebih mengaspal—sebagai pemilik, kita juga perlu memperhatikan kestabilan performa dan kualitas mesin.

Ada banyak cara dan tips untuk meningkatkan mesin Yamaha Scorpio agar tetap menyengat. Beberapa diantaranya telah kami rangkum adalah ulasan sebagai berikut.

Pengoptimalan Paling Dasar untuk Meningkatkan Performa Yamaha Scorpio adalah dengan Memoles Kepala Silinder

Melakukan porting dan Polis pada kepala silinder adalah hal paling awal yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan performa mesin. Hal ini akan berpengaruh pada pengoptimalan saluran masuk dan buang mesin. Dengan saluran masuk dan buang yang lebih optimal, masukan bahan bakar akan jauh lebih efektif dan efisien. Dan pembakaran mesin pun bisa jauh lebih optimal.

Lebih lanjut, dengan pembakaran mesin yang lebih optimal, maka, hal paling ketara dari melakukan polish dan parting adalah peningkatan performa mesin Yamaha Scorpio.

Baca Juga :  5 Tempat Bagus Untuk Touring Motor Dari Jakarta

Menggunakan CDI Custome untuk Meningkatkan Kualitas Pengapian pada Ruang Mesin

CDI adalah perangkat yang cukup umum diganti atau distel untuk meningkatkan performa mesin kendaraan. Melalui pola ini, proses pembekaran akan jauh lebih sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Pada pola modifikasi CDI di Yamaha Scorpio, hal yang paling umum dilakukan dengan mengganti CDI bawaan ke CDI Custome.

CDI Custome umumnya memiliki kurva pengapian yang berbeda pada tiap putaran mesin. Contoh, jika pada putaran 3.000 rpm kurva pengapian akan berada di posisi A, lalu pada putaran 5.000 rpm kurva pengapian akan meningkat ke posisi B dan seteturnya.

Intinya dengan CDI Custome ini, proses pengapian akan berjalan lebih efektif karena menyesuaikan kebutuhan mesin.

Pengoptimalan Performa Yamaha Scorpio juga Bisa Dilakukan Melalui Penggantian Kopling

Kopling merupakan bagian mesin yang berada di blok transmisi. Bagian ini berfungsi untuk menyalurkan dan/atau meneruskan putara mesin ke transmisi percepatan—yang kemudian diteruskan ke roda.

Dalam modifikasi Scorpio, hal yang juga tidak boleh kita lupakan adalah memperhatikanpenggunaan kopling.

Bila pengoptimalan mesin telah dilakukan sebagaimana disebutkan di atas, tentu, pengoptimalan kompling juga wajib dilakukan untuk mendukung modifikasi mesin yang telah kalian lakukan.

Dengan modifikasi yang demikian mesin membutuhkan cengkraman kampas kopling yang jauh lebih rapat dan per yang lebih kuat. Hal itu dilakukan untuk menahan lonjakan putaran mesin yang disalurkan melalui kruk as-nya.

Nah, itulah beberapa tips dan cara meningkatkan performa Yamaha Scorpio. Melalui cara-cara di atas diharapkan motor sport milik Yamaha ini memiliki performa dan kualitas mesin yang sesuai dengan yang kita harapkan.

Ulasan lebih lengkap mengenai modifikasi Scorpio dapat kalian simak pada link berikut ini

Baca Juga :  Motor Binter Terbaik Hanya di Bukalapak