Cara Merawat Kampas Rem Agar TIdak Cepat Aus

      Comments Off on Cara Merawat Kampas Rem Agar TIdak Cepat Aus

Bagi pengguna kendaraan bermotor, terutama sepeda motor pastinya fungsi dari rem sangatlah penting. Remberfungsi untuk memperlambat laju kendaraan Anda dengan cara menahan putaranban. Bagain terpenting dari rem tentunya adalah kampas rem itu sendiri, dimana kampas rem merupakan bagian yang pertamabergesekan denga ban sepeda motor Anda. Namun, sudahkah Anda merawat kampas rem dengan benar?

Pengguna sepeda motor tercatat sebagai pengguna nomer satu dari seluruh pengguna jalan raya. Kendaraan roda 2 ini memang dinilai lebih mampu menjawab permasalahan macet di jalan raya kota-kota besar. Selain itu harganya yang lebih terjangkau menjadikan hampir seluruh masyarakat dapat memilikinya. Namun, karena tingkat keamanannya yang rendah, tentunya Anda harus lebih menaruh perhatian ekstra pada perawatan tiap komponen yang ada didalamnya.

Komponen yang paling memegang peran penting dalam keselamatan berkendara roda dua tentu saja rem. Rem adalah pengaman pertama yang harus berfungsi baik saat Anda ingin memperlambat laju sepeda motor Anda. Ke-ausan kampas rem akan membuat kemampuan pengereman menjadi tidak efektif. Bila Anda merasa kemampuan rem sudah berkurang, ada baiknya Anda langsung melakukan penggantian kampas rem.

Beberapa penyebab kampas rem cepat aus dan habis antara lain karena pemakaian yang terlalu sering untuk menghentikan laju kendaraan yang terlalu cepat. Atau karena pemakaian rem saat motor menerima guncangan dari jalan yang tidak rata. Posisi pengereman saat ban motor berguncang membuat kampas rem cepat rusak.

Tips Cara Merawat Kampas Rem

Pengecekan secara rutin dan berkala adalah salah satu tidakan preventif yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui lebih dini bila ada kerusakan pada sistem pengereman kendaraan Anda. Sesekali cek kondisi tromol sepeda motor Anda. Bersihkan dengan baik bagian tromol ini, pastikan tidak ada kotoran yang terjebak disana. Adanya kotoran akan membuat aktivitas pengereman menjadi tidak sempurna dan tentunya membuat kampas rem lebih cepat rusak.

Baca Juga :  Ulasan Harga, Spesifikasi dan Mesin Mitsubishi Xpender

Bagian penampang cakram juga menjadi bagian lain yang harus Anda perhatikan. Kebersihan cakram akan memastikan kampas rem akan langsung menyentuh bagian samping ban. Bila tertinggal ada kotoran disana, bisa jadi akan merusak kampas rem Anda. Kondisi ban yang sudah tidak lagi simetris juga akan mempengaruhi umur kampas rem Anda. Pastikan roda sepeda motor Anda masih dalam kondisi yang baik.

Anda bisa juga melakukanpemeriksaan berkala di bengkel kepercayaan Anda untuk mengecek kondisi kapilerdan pin fleksibel rem Anda. Dengan ini maka tekanan pada kampas rem sebelahkanan dan kiri akan kembali seimbang. Dengan seimbangnya kampas rem, selainakan menyempurnakan pengereman, akan memeperlama umur pakai kampas rem Anda.

Mengganti ban sepedamotor dengan ban baru yang masih tebal kembangannya juga secara tidak langsungakan memperawet umur kampas rem Anda. Ban yang masih tebal akan memiliki gesekanyang lebih tinggi, sehingga sedikit saja pengereman akan memperlambat kendaraanAnda. Tentunya denganmenggunakan ban baru Anda menjadi lebih jarang melakukan rem dalam-dalam.Hal ini berlaku untuk semua motor, termasuk ketika anda gunakan di kampasrem nmax.

Demikian beberapa tips mengenai cara merawat kampas rem agar tidak cepat aus. Semoga bermanfaat, daan tetaplah mengutamakan keselamatan di jalan raya. Dengan menjaga kondisi kendaraan kita, secara tidak langsung kita telah menghindarkan diri kita dan pengguna jalan lainnya dari kecelakaan.